Cara Membuat Sticky Widget di Sidebar Blog

Taukah sobat dengan yang namanya sticky?, mungkin yang sering didengar adalah sticky notes, yaitu catatan yang ditempelkan pada dekstop komputer. tapi untuk kali ini sticky yang saya maksud adalah sticky widget, yaitu widget yang ditempelkan pada bagian sidebar dan selalu mengikuti pergeseran halaman dengan start yang sudah ditentukan.

Untuk pembuat gadget yang satu ini sobat membutuhkan lumayan pengetahuan tentang kode HTML, dan silahkan dicoba-coba sendiri karena saya disini hanya akan sedikit menjelaskan.

Untuk contoh dari sticky widget adalah gadget Followers & Fans Page yang ada pada bagian sidebar blog ini, atau lebih jelasnya silahkan lihat screenshot berikut ini :


gadget tersebut etaknya paling bawah sendiri, tapi apabila sudah dirolling sampai ke gadget ini dan diteruskan di roll ke bawah, maka secara automatis gadget ini mengikuti sampai ke bawah, dan jika dikemalikan keatas lagi, maka gadget ini akan kembali ke posisi awal seperti semula.

Jika sobat menggunakan kode ini maka sidebar sobat akan dibagi menjadi 2 yaitu catcher dan sticky. Catcher adalah gadget pada sidebar yang menempel atau tidak ikut berjalan jika di roll kebawah dan letaknya berada di atas sticky. Sedangkan sticky adalah yang ikut kebawah jika diroll, dan letaknya berada di bagian paling bawah. Jika sobat menambahkan lagi gadget dibawah sticky maka gadget tersebut akan terhitung sebagai sticky dan akan ikut bergerak mengikuti roll.

Okelah semoga udah paham, dan sekarang mari kita membuat gadget sticky seperti yang dijelaskan diatas :

-  Masuk dulu ke blogger sobat
-  kemudian masuk pada Template -> Edit HTML
-  oh iya sebaiknya download dulu template sobat, buat cadangan kalau ada yang eror
-  centang pada Expand Template Widget
-  copy code berikut


#catcher{
height:Auto;
}
#sticky{
width:300px;
height:auto;
}
Ket : Sesuaikan 300 dengan lebar sidebar sobat

-  paste kode tersebut pada CSS Template, letaknya antara  <b:skin> dan  </b:skin>, saran saya letakkan dibawah CSS sidebar saja supaya lebih mudah jika lain hari ingin mengeditnya lagi

-  kemudian kita beralih pada kode scriptnya
-  copy kode berikut


<!--Catcher dan Sticky by Pro Duck Start-->
<script type="text/javascript" src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.4.4/jquery.min.js"></script>
<script>
$(document).ready(function() {
        function isScrolledTo(elem) {
            var docViewTop = $(window).scrollTop(); //num of pixels hidden above current screen
            var docViewBottom = docViewTop + $(window).height();
            var elemTop = $(elem).offset().top; //num of pixels above the elem
            var elemBottom = elemTop + $(elem).height();
            return ((elemTop &lt;= docViewTop));
        }
        var catcher = $(&#39;#catcher&#39;);
        var sticky = $(&#39;#sticky&#39;);
        $(window).scroll(function() {
            if(isScrolledTo(sticky)) {
                sticky.css(&#39;position&#39;,&#39;fixed&#39;);
                sticky.css(&#39;top&#39;,&#39;0px&#39;);
            }
            var stopHeight = catcher.offset().top + catcher.height();
            if ( stopHeight &gt; sticky.offset().top) {
                sticky.css(&#39;position&#39;,&#39;absolute&#39;);
                sticky.css(&#39;top&#39;,stopHeight);
            }
        });
    });
</script>
<!--Catcher dan Sticky by Pro Duck End-->

-  Letakkan kode tersebut antara kode <body> dan </body>, saran saya letakkan pada bagian paling bawah saja tepat diatas kode </body>.

Lah ini nih bagian yang membutuhkan sedikit keahlian pengeditan HTML, sobat harus jeli dalam memilih tempat untuk menaruh kode ini, sobat juga harus bisa menutup kode dengan benar, karena jika tidak maka akan terjadi eror dan hasilnya akan gagal, makanya diatas saya sudah sarankan untuk mendownload dulu HTML sobat sebagai cadangan. Dan berikut penjelasannya, saya harap sobat mengerti.

-  pilih dulu gadget sidebar yang akan dijadikan catcher (yang gak tau catcher silahkan baca dari atas lagi)
-  kemudian taruh kode berikut diatas gadget yang akan dijadikan catcher tadi,

<div id='catcher'>

-  jangan lupa untuk menutup kode tersebut dengan benar, sehinngga akan seperti ini

<div id='catcher'>
Gadget yang dijadikan catcher
</div>

-  kemudian pilih lagi gadget yang akan dijadikan sticky, dan taruh kode berikut tepat diatas gadget tersebut

<div id='sticky'>

-  sekali lagi jangan lupa untuk menutupnya dengan tepat, sehingga akan menjadi seperti berikut

<div id='sticky'>
Gadget yang dijadikan catcher
</div>


-  Dan save pekerjaan sobat, kemudian lihat hasilnya

untuk contoh sederhana menaruh catcher dan sticky akan seperti ini


<div id='sidebar-wrapper'> /* pembuka sidebar */
<div id='catcher'> /* pembuka catcher */
<b:widget id='HTML7' locked='false' title='' type='HTML'/> blabla </b:widget> /* Gadget catcher */
<b:widget id='HTML3' locked='false' title='' type='HTML'/> blabla </b:widget> /* Gadget catcher */
</div> /* Penutup catcher */
<div id='sticky'> /* pembuka sticky */
<b:widget id='HTML3' locked='false' title='' type='HTML'/> blabla </b:widget> /* Gadget Sticky*/
</div> /* penutup sticky */
<div> /* penutup sidebar */

dan gambar sederhananya akan menjadi seperti ini


Sekian saja yang dapat saya sampaikan semoga artikel diatas bermanfaat, mungkin kalau ada kesulitan silahkan mengisi kotak komentar dibawah, kalau ada waktu akan saya bantu. Terima kasih telah berkunjung.

^_^

Keyword :
cara membuat sticky widget
cara mudah membuat sticky widget
trik membuat sticky widget



Read More >>
Pro Duck Cara Membuat Sticky Widget di Sidebar Blog By Pro Duck Published: 2013-03-14T20:59:00+07:00 Cara Membuat Sticky Widget di Sidebar Blog 4.5 758 reviews

Saatnya untuk berlari!

Oleh : Ahmad M. Alawi


       Masa remaja disebut sebagai masa peralihan antara masa anak-anak dan masa dewasa, sering pula disebut sebagai masa ‘semu-dewasa’, artinya, masa remaja itu adalah masa perkembangan menuju kedewasaan dan belumlah bisa dikatakan dewasa secara utuh. (halah, dari tadi muter mulu)

       Di kultur kemasyarakatan Indonesia dan kultur dunia secara luas, masa remaja normalnya diisi dengan kegiatan belajar alias se-ko-lah. Yup, sekolah!  (apa seh sekolah?) secara resminya, oxford dictionary menyebutkan sekolah adalah an educational institution or a group of artists, philosopher, etc sharing similar idea, give intellectual or moral instruction to teach. (apaan?!)
       Jelas gak paham.

       Pokoknya sekolah ya sekolah, tempat kita belajar. Tempat dapat tugas, tempat ngumpul ama temen, tempat ngerumpi, tempat nyontek waktu ulangan, tempat makan jajan sembunyi-sembunyi pas pak berewok   ngejelasin materi, tempat perang-perangan kalo gak ada guru yang ngisi kelas, dan-yang paling hebat-sekolah adalah tempat nyari pacar! Wow. ^0^ betapa hebat arti sekolah :D

       Intinya, sekolah adalah tempat kita berkembang. Sekolah dalam prosesnya telah menjadi tempat perkembangan seorang remaja dengan segala jungkir-baliknya. Titik.


       Semua kegiatan remaja kebanyakan berada di sekolah (apalagi yang full-school), itulah kenapa selain berfungsi sebagai tempat pengajaran, sekolah juga sebagai tempat pembentukan karakter seorang remaja.

       Sekolah punya berbagai tingkatya sesuai umur dan kemampuan belajar serta kurikulum juga tanggal pertama masuk sekolah bagi seseorang, mencakup PAUD; TK; SD; SMP; SMA. Karna objek kita adalah remaja, SMA adalah tingkat sekolah yang menjadi bahasan.

       Seperti yang sudah kita ketahui, masa SMA adalah salah satu dari masa sekolah ini. Di kalangan public (public remaja, Al) masa SMA juga punya banyak julukan, mengambil karakteristik warna seragam umum SMA yang atasannya putih dan bawahannya abu-abu, masa SMA dinamai dengan ‘masa putih abu-abu’.

       Membahas masa putih abu-abu, guys. Menurut kalender pendidikan nasional, bulan april besok adalah bulan pertempuran, bulan ujian, bulan perang, perang yang akan menjadi penentu nasib arek-arek SMA dan penyelesaian dari tiga tahun peringas-peringis di kelas. Bumi gonjang-ganjing!

       Nah, menghadapi hal ini, banyak sekali yang bertanya (termasuk saya, karna saya juga masih SMA), “Apa yang mau saya lakukan nanti setelah sekolah SMA saya selesai?”  melihat bahwa sekolah adalah tempat kita belajar, masa menuju kedewasaan, masa membentuk dasar yang kokoh, kaki yang kuat, dan melihat bahwa saya-kita semua-akan menjadi dewasa yang seutuhnya. Maka, dengan kaki yang sudah kita bangun-semasa SMA. Inilah; saatnya berlari!

^_^

       Pertanyaannya, guys. Kearah mana kita akan berlari?
       Disini ada beberapa option yang dapat dipilih (dan sesuai dengan survei acak) ;

       Pertama, adalah Menikah, atau kawin, atau bikin keluarga, atau nyari suami, bersuami, nyari laki, atau nyari istri, beristri, nyari bini, atau bikin anak, atau beranak, atau melestarikan generasi, atau memperbaiki keturunan, atau memenuhi kebutuhan biologis, atau menerapkan pelajaran biologi di sekolah bab reproduksi, atau mempraktikkan teori geneologi, atau membuktikan teori Darwin, atau_ terserahlah, ribet amat sama nama.

      Dari sekian banyak, ternyata pilihan ini termasuk pilihan favorit, dan sebagian besar dari penganut madzhab ini adalah cewek. Wuih, hehehe. Ada banyak penyebab kenapa option ini menjadi pilihan favorit cewek, salah satunya adalah karna; e-nak (kawin kan enak, ya toh?) dimana status cewek dalam keluarga adalah sebagai ‘penerima’ (termasuk menerima penderitaan). Namun, penyebab paling dominan dari keadaan ini sebenarnya adalah anggapan masyarakat bahwa wanita dianggap lemah, tidak produktif, dan lebih baik duduk di rumah daripada mengejar impian tidak jelas. Maka akhirnya, pilihan yang ‘enak’ ini kebanyakan dipilih oleh cewek. (tidakkah ironis?)

       Option kedua adalah Bekerja. Melihat sisi ekonomi keluarga yang pas-pasan, keinginan untuk segera mendapat penghasilan, dan melihat kenyataan ijazah SMA sudah bisa dipakai melamar kerja, maka bekerja menjadi salah satu pilihan favorit juga diantara banyak pilihan lain. Banyak sekali rupa-rupa ‘kerja setelah SMA’ yang dapat kita temui di lingkungan dan masyarakat kita, mulai dari ikut keluarga, ikut tetangga, kerja kuli atau pabrikan, hingga TKI. Banyak dari sekian pekerja yang dulunya mempunyai impian-impian tinggi, mungkin waktu kecil ada yang ingin jadi dokter, insinyur, guru, atau segala macam profesi ‘sukses’ yang mereka angan-angankan, “apalah daya” kata AL (inisial), “kenyataan memang tak seindah mimpi, bermimpilah setinggi langit, jatuhmu ke bumi juga.” Ini menunjukkan keterpaksaan dalam menghadapi nasib. (tidakkah ironis juga?)

       Namun di sisi lain yang sama dominannya, banyak memang dari sekian yang telah merencanakan untuk bekerja, tidak mau mengulur waktu dan segera menggaet kesempatan yang ada adalah salah satu alasan. Berpikir maju dan tidak mau ketinggalan. Inovatif dan produktif. Dari awal, golongan yang  ‘ini’ memang berniat kerja. 

       Yang menjadi pilihan ketiga adalah Pengangguran. Ini adalah pilihan paling buruk, ‘tidak melakukan apa-apa’. Mau nikah gak ada yang ngarepin, ngelamar kerja juga ditolak. Tidak ada inovasi, tidak ada semangat, sayu, terpuruk, gulita, sunyi, sepi, dan gelap. (woi!) :D saatnya bangun dari mimpi, sob, semua penyakit ada obatnya, setiap kesulitan ada jalan keluarnya. jangan mau jadi pengangguran. Berteriak dan lakukanlah banyak hal!

       Memang di Indonesia masalah pengangguran termasuk kategori masalah super, dengan peristiwa PHK massal pada zaman orde baru keturunan budaya lemas pun merajalela ke berbagai kalangan. Lapangan kerja yang tidak sebanding dengan jumlah permintaan kerja, belum lagi masalah infrastruktur hingga suprastruktur ekonomi lainnya, menyebabkan masalah ini tidak mudah diselesaikan. Tapi, kenapa kita harus menyerah pada keadaan? Kenapa tidak kita yang menciptakan lapangan kerja? (woi!) :D buka mata, sob. Berteriak dan lakukanlah banyak hal!

       Dan option keempat dari daftar option yang paling banyak diminati, adalah Kuliah. (horeee! \(^0^)/) kuliah secara kasarnya adalah lanjutan dari sekolah, jadi, kembali ke oxford (huuuu! (--‘)) school is an educational institution or a group of artists, philosopher, etc sharing similar idea, give intellectual or moral instruction to teach. (aakkhh..!) yayaya. Aku tau kepalamu mau meledak.  (--')

       Jadi biar semua orang paham, kuliah itu artinya ‘sekolah untuk anak gede’. Kuliah itu sekolahnya orang-orang keren. Kuliah itu tempatnya ngelakuin eksperimen-eksperimen hebat. Kuliah itu sekolah yang ‘bebas’, pake baju bebas, masuknya juga gak pake apel pagi, gak pake upacara bendera yang ngebikin kaki pegel kulit item, gak ada pak brewok (aseekk \(^0^)/), ada senior cowok-cewek semlohay. Wuasyeek dah pokonya. :D tapi tunggu dulu, kuliah juga berarti makalah, paper, tugas, karya ilmiah, dosen killer, begadang, eroristik input otak sehingga kepala berasap, dan masih banyak bejibug lain yang bisa kita temui. Tapi biar tidak ambigu, mari kita baca; kuliah, adalah unsur lanjutan dari pendidikan menengah, apa yang dipelajari di kuliah adalah perincian dan penerapan dari apa yag di pelajari di masa sekolah. Di kuliah juga ada semacam ekstrakulikuler layaknya di sekolah, namun istilahnya berubah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa atau disingkat UKM. Ada juga evolusi OSIS dengan nama BEM. 

       Sekolah adalah salah satu sarana pendidikan begitu juga kuliah, maka melanjutkan kuliah setelah masa SMA adalah jalan yang lurus (shirothol mustaqim). Bisa kita lihat dalam kenyataan sehari-hari dan apa yang kita tau dari opinion makers bahwa kebanyakan remaja melanjutkan kehidupannya dengan kuliah setelah masa SMA, banyak sekali alasan yang mendasari langkah ini seperti banyaknya alasan-alasan yang juga mendasari   langkah lain. AL (inisial) menyebutkan salah satunya, AL mengatakan jenis pekerjaan dan gaji yang didapat (termasuk pangkat dan unsur pekerjaan lain) juga dipengaruhi oleh tingkat pendidikan seseorang. Ini masih satu alasan. Alasan lain menyebutkan strata social juga akan jadi meningkat dengan banyaknya titel sarjana yang didapatkan seseorang, hal ini berhubungan dengan pengakuan social. Yang lain lagi mengatakan dengan kuliah kita jadi lebih pintar, lebih tau tentang sesuatu, SDM semakin meningkat dan berimbas pada peningkatan peradaban, kesejahteraan social, dan segala unsur lain yang tak perlu repot-repot saya sebutkan. Akhirnya, dengan meningkatnya pengetahuan, iptek, imtaq, SDM, SDA juga, dan seluruhnya itu, Negara pun semakin maju. Kesejahteraan social –yang sudah saya sebutkan tadi- akhirnya meningkat dan masyarakat menuju madani. 


       Yah, apapun semua alasan politis teoritis tak etis itu, yang paling saya suka tetap satu, seperti kata Chanchad Allizzwell; aku belajar karna aku suka ilmu pengetahuan, aku tidak memerlukan alasan apapun untuk tahu kenapa jariku ada sepuluh, aku hanya ingin tahu dan tahu lebih banyak, karna ketika aku tahu, disanalah aku merasa bahagia. ^_^

Lagipula, dengan ilmu pengetahuan yang lebih banyak
Bukankah kita bisa membantu orang lain lebih banyak pula? 
“Aku bahagia ketika aku mengerti lebih banyak.”- Chanchad Allizzwell 
Read More >>
Pro Duck Saatnya untuk berlari! By Pro Duck Published: 2013-03-14T11:32:00+07:00 Saatnya untuk berlari! 4.5 758 reviews

Cara Memberikan Scroll Box Pada Blog Archives

Banyak sekali masalah yang dihadapi oleh para blogger mengenai blog archives yang terlalu panjang. mungkin sih tidak akan apa-apa jika artikelnya sedikit, tapi jika artikel yang telah kitabuat sangat banyak dan tidak karuan panjangnya, mungkin akan memperjelek atau mengurangi keindahan blog kita karena blog akan terlihat menjulur panjang kebawah meskipun artikel yang dibaca oleh pengunjung sudah habis.

Dulu saya juga mengalami hal seperti itu, karena Sticky widget yang memaksa saya untuk menjadikan blog archives menjadi scroll box jadi seperti sekarang ini, sobat bisa melihat sendiri blog archives saya pada sidebar.

Disini sobat harus sedikit menguasai teknik mengganti kode HTML sdikit saja, asal tau saja dan pernah mencoba pasti bisa., dan berikut adalah cara untuk memberikan scroll pada blog archives

-  masuk dulu ke blogger sobat
-  kemudian masuk pada Template -> Edit HTML
-  jika sobat khawatir kalau terjadi kesalahan sebaiknya backup dulu template sobat
-  centang pada Expand Template Widget
-  kemudian cari kode <div id='ArchiveList'>
-  diatasnya akan ada kode seperti ini <div class='widget-content'> , tapi tidak semuanya sama pada setiap template, pokoknya yang mirip seperti itu.
-  kemudian tambahkan kode berikut pada kode <div class='widget-content'> tadi

style='padding: 5px; overflow: auto; width: auto; height:509px;border:0px solid #000000'
ket : ganti 509 dengan tinggi box yang sobat inginkan dalam satuan pixel

sehingga akan menjadi seperti berikut ini

<div class='widget-content' style='padding: 5px; overflow: auto; width: auto; height:509px;border:0px solid #000000'>

Tambahan :
sebenarnya sobat bisa menambahkan kode tersebut diatasnya tanpa mengubah kode yang lain tapi hal tersebut membutuhkan sedikit kemampuan HTML Editor jadi sebaiknya menggunakan cara diatas saja, tapi jika ada yang ingin belajar berikut adalah screenshot HTML Editor milik saya 


Sekian saja yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan artikel diatas bermanfat, dan selamat mengedit blog, sekali lagi terima kasih arena sudah berkunjung ke blog kami..   ^_^

Keyword :
Read More >>
Pro Duck Cara Memberikan Scroll Box Pada Blog Archives By Pro Duck Published: 2013-03-14T00:24:00+07:00 Cara Memberikan Scroll Box Pada Blog Archives 4.5 758 reviews

Efek Bintang Berjatuhan di Cursor Pada Blog

Pernahkah sobat mengunjungi suatu blog/website kemudian sobat melihat dari cursor sobat muncul seperti bintang yang jatuh, atau menurut saya lebih mirip seperti efek tongkat sihir. xixixi :D

Untuk mempercantik suatu blog, sangat banyak sekali cara yang bisa digunakan, dan yang paling mudah adalah sebuah gadget. Untuk kali ini saya akan memberikan salah satu cara mempercantik blok dengan memberikan efek bintang jatuh pada cursor ketika digerakkan, sebenarnya bukan bintang sih, cuman tanda + yang kecil sehingga mirip seperti bintang yang jatuh.

Sebenarnya ini bukanlah suatu gadget, tapi bisa dibilang gadget juga karena ini menggunakan kode javascript, dan untuk kode javascriptnya silahkan dilihat dibawah ini :

<script src='https://produck.googlecode.com/files/Bintang%20Merah.js' type='text/javascript'/></script>

Untuk menambahkannya silahkan ikuti cara berikut ini :

-  masuk pada blogger
-  kemudian masuk pada Tata Letak -> Add Gadget
-  pilih HTML/JavaSript
-  kemudian taruh kode diatas dalam HTML/JavaScript
-  klik Save dan liahat hasilnya

sobat juga bisa menambahkannya dari Edit HTML, berikut adalah caranya :

-  masuk pada Template -> Edit HTML
-  centang pada Expand Template Widget
-  kemudian cari kode ]]></b:skin>
-  taruh script diatas tepat dibawah kode ]]></b:skin> tadi
-  kemudian tekan Save
Jika terjadi eror maka hapus kode </script> yang ada pada kode diatas.

Kode diatas adalah untuk bintang yang berwarna merah, sobat bisa juga menggantinya dengan beberapa pilihan warna dibawah ini, caranya cukup ganti Link yang berwarna merah pada kode diatas dengan link berikut :

Warna Hijau
https://produck.googlecode.com/files/Bintang%20Hijau.js
Warna Biru
https://produck.googlecode.com/files/Bintang%20Biru.js
Warna Kuning
https://produck.googlecode.com/files/Bintang%20Kuning.js

Bagi sobat yang suka mengutak atik kode JavaScript silahkan edit kode dibawah ini, itu adalah kode JS dari efek bintang jatuh diatas, jika sudah maka save dengan extensi .js, kemudian upload pada Google Code yang sobat punya, jangan lupa ketika hendak memasang di blog tambahkan kode 
<script src='Link JS Sobat' type='text/javascript'/></script>

Dan berikut adalah kode JS nya untuk sobat :

//Editted by Pro-Duck.Blogspot.com
// JavaScript Document<script type='text/javascript'>
            // <![CDATA[
            var colour="red";
            var sparkles=65;
   
            var x=ox=400;
            var y=oy=300;
            var swide=800;
            var shigh=600;
            var sleft=sdown=0;
            var tiny=new Array();
            var star=new Array();
            var starv=new Array();
            var starx=new Array();
            var stary=new Array();
            var tinyx=new Array();
            var tinyy=new Array();
            var tinyv=new Array();
            window.onload=function() { if (document.getElementById) {
              var i, rats, rlef, rdow;
              for (var i=0; i<sparkles; i++) {
                var rats=createDiv(3, 3);
                rats.style.visibility="hidden";
                document.body.appendChild(tiny[i]=rats);
                starv[i]=0;
                tinyv[i]=0;
                var rats=createDiv(5, 5);
                rats.style.backgroundColor="transparent";
                rats.style.visibility="hidden";
                var rlef=createDiv(1, 5);
                var rdow=createDiv(5, 1);
                rats.appendChild(rlef);
                rats.appendChild(rdow);
                rlef.style.top="2px";
                rlef.style.left="0px";
                rdow.style.top="0px";
                rdow.style.left="2px";
                document.body.appendChild(star[i]=rats);
              }
              set_width();
              sparkle();
            }}
            function sparkle() {
              var c;
              if (x!=ox || y!=oy) {
                ox=x;
                oy=y;
                for (c=0; c<sparkles; c++) if (!starv[c]) {
                  star[c].style.left=(starx[c]=x)+"px";
                  star[c].style.top=(stary[c]=y)+"px";
                  star[c].style.clip="rect(0px, 5px, 5px, 0px)";
                  star[c].style.visibility="visible";
                  starv[c]=50;
                  break;
                }
              }
              for (c=0; c<sparkles; c++) {
                if (starv[c]) update_star(c);
                if (tinyv[c]) update_tiny(c);
              }
              setTimeout("sparkle()", 40);
            }
            function update_star(i) {
              if (--starv[i]==25) star[i].style.clip="rect(1px, 4px, 4px, 1px)";
              if (starv[i]) {
                stary[i]+=1+Math.random()*3;
                if (stary[i]<shigh+sdown) {
                  star[i].style.top=stary[i]+"px";
                  starx[i]+=(i%5-2)/5;
                  star[i].style.left=starx[i]+"px";
                }
                else {
                  star[i].style.visibility="hidden";
                  starv[i]=0;
                  return;
                }
              }
              else {
                tinyv[i]=50;
                tiny[i].style.top=(tinyy[i]=stary[i])+"px";
                tiny[i].style.left=(tinyx[i]=starx[i])+"px";
                tiny[i].style.width="2px";
                tiny[i].style.height="2px";
                star[i].style.visibility="hidden";
                tiny[i].style.visibility="visible"
              }
            }
            function update_tiny(i) {
              if (--tinyv[i]==25) {
                tiny[i].style.width="1px";
                tiny[i].style.height="1px";
              }
              if (tinyv[i]) {
                tinyy[i]+=1+Math.random()*3;
                if (tinyy[i]<shigh+sdown) {
                  tiny[i].style.top=tinyy[i]+"px";
                  tinyx[i]+=(i%5-2)/5;
                  tiny[i].style.left=tinyx[i]+"px";
                }
                else {
                  tiny[i].style.visibility="hidden";
                  tinyv[i]=0;
                  return;
                }
              }
              else tiny[i].style.visibility="hidden";
            }
            document.onmousemove=mouse;
            function mouse(e) {
              set_scroll();
              y=(e)?e.pageY:event.y+sdown;
              x=(e)?e.pageX:event.x+sleft;
            }
            function set_scroll() {
              if (typeof(self.pageYOffset)=="number") {
                sdown=self.pageYOffset;
                sleft=self.pageXOffset;
              }
              else if (document.body.scrollTop || document.body.scrollLeft) {
                sdown=document.body.scrollTop;
                sleft=document.body.scrollLeft;
              }
              else if (document.documentElement && (document.documentElement.scrollTop || document.documentElement.scrollLeft)) {
                sleft=document.documentElement.scrollLeft;
             sdown=document.documentElement.scrollTop;
              }
              else {
                sdown=0;
                sleft=0;
              }
            }
            window.onresize=set_width;
            function set_width() {
              if (typeof(self.innerWidth)=="number") {
                swide=self.innerWidth;
                shigh=self.innerHeight;
              }
              else if (document.documentElement && document.documentElement.clientWidth) {
                swide=document.documentElement.clientWidth;
                shigh=document.documentElement.clientHeight;
              }
              else if (document.body.clientWidth) {
                swide=document.body.clientWidth;
                shigh=document.body.clientHeight;
              }
            }
            function createDiv(height, width) {
              var div=document.createElement("div");
              div.style.position="absolute";
              div.style.height=height+"px";
              div.style.width=width+"px";
              div.style.overflow="hidden";
              div.style.backgroundColor=colour;
              return (div);
            }
            // ]]>

Sekian saja dari saya untuk kali ini, semoga artikel diatas bermanfaat, dan terima kasih karena sobat sudah mau berkunjung ke blog saya ini.     ^_^

Keyword :
Read More >>
Pro Duck Efek Bintang Berjatuhan di Cursor Pada Blog By Pro Duck Published: 2013-03-13T23:48:00+07:00 Efek Bintang Berjatuhan di Cursor Pada Blog 4.5 758 reviews

Akhir Putih Abu-Abu, Awal Hidup Baru


Katanya masa putih abu-abu adalah masa yang paling indah, tapi semua itu tergantung dari siapa yang menjalani, bagi siswa/siswi yang kreatif, serius, ambisius, dan penuh cita-cita, masa putih abu-abu adalah masa yang paling sempurna untuk menuntut ilmu dengan giat.

Banyak sekali orientasi seseorang tentang masa putih abu-abu yang indah. ada sebagian orang yang mengartikan bahwa indahnya masa putih abu-abu itu terletak pada jiwa muda yang membara, yang berapi-api penuh dengan semangat, ada juga sebagian orang yang berpendapat bahwa masa itu sangat indah karena pada masa itulah seorang remaja sedang gencar-gencarnya mengibarkan laskar cinta dalam dirinya, seperti yang dikemukakan oleh penyanyi 90-an Chrisye dalam lagunya yang berjudul Kisah Kasih di Sekolah.

Sebenarnya sebagai seorang siswa/siswi dalam masa putih abu-abu harusnya pandai-pandai memanfaatkan waktu mereka sebaik mungkin, karena pada masa itulah seorang siswa/i akan sangat mampu dan cepat dalam memahami segala sesuatu. ibaratkan benda, masa remaja adalah emas murni yang sangat berharga, jika kita mengelolahnya dengan benar dan baik maka kita pasti akan mendapatkan untung yang besar, akan tetapi jika kita salah dalam mengolahnya, penyesalan adalah hal yang pasti datang di kemudian hari.

Semua yang berawal pasti berakhir, begitupun masa kita di SMA (masa putih abu-abu) pasti akan berakhir yang ditandai dengan kelulusan bagi siswa kelas XII. Alangkah senangnya kita bisa lulus dari SMA, terutama yang mendapatkan nilai yang terbaik, pasti orang tua mereka sangat bangga sekali dengan mereka, siapa yang tidak berharap mendapatkan nilai baik, semuanya pasti menginginkannya, makanya belajar hal terbaik yang harus kita lakukan untuk mencapai sebuah nilai yang sempurna.


Setelah kita lulus, timbullah suatu masalah baru lagi, yaitu kemana langkah kita selanjutnya?, apakah cukup sebatas itu?, ataukah melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi?, banyak sekali yang harus kita pertimbangkan untuk hal itu, tapi Alhamdulillah kebanyakan siswa/i SMA dan MA masih peduli dengan pendidikannya dan mau meneruskan sekolahnya hingga setinggi angan-angan mereka. Tapi entah dengan siswa/i SMK yang memang dipersiapkan untuk langsung terjun di dunia kerja, mungkin hanya sebagian kecil dari mereka yang melanjutkan jenjang pendidikannya lebih tinggi lagi.

Bagi mereka yang meneruskan kuliah pastinya juga masih berpikir lagi, kemanakan saya akan kuliah?, jurusan apa?, dan bagaimana saya bisa masuk kesana?. Pikiran itu masih terus menghantui sebagian siswa/i yang melanjutkan kuliah. Sebenarnya kuliah atau sekolah dimana saja sama, yang membedakan adalah keseriusan kita untuk menjadi seorang Jawara pada sekolah atau PT yang kita tuju. Banyak sekali PTS ataupun PTN yang ada di Indonesia ini, salah satunya berada di Gresik, tepatnya desa Bungah yang sangat terkenal dengan peci dan rebananya, yaitu PTS STTQ (Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin) yang berada pada naungan Pondok Pesantren Qomaruddin, biasanya jam kuliah disana adalah sore-malam hari dengan ciri khas memakai jas berwarna ungu yang terlihat sangat cooooollll…


Gambar gedung diatas hanyalah satu dari ribuan gedung perkuliahan yang ada di Indonesia ini. Saya sendiri sangat bingung untuk memilih tempat tujuan belajar saya selanjutnya, belum lulus saja sudah disuguhkan dengan 61 PTN pada program SNMPTN, belum lagi kita memikirkan saingan kita adalah siswa/i yang hebat-hebat dari seluruh Indonesia, sekali lagi belajar adalah hal terbaik yang harus kita lakukan.

Mereka yang tidak melanjutkan kuiah juga pasti akan sangat kebingungan dengan mencari pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan bidang mereka masing-masing, mungkin ada yang bekerja mandiri dengan berwirausaha, atau melanjutkan pekerjaan orang tua, dan yang paling banyak adalah melanjutkan ke UMS (Usaha di Mie Sedap), xixixixi :p

Apapun pilihan kita, semangat harus tetap kita kobarkan, cita-cita harus terus kita gapai, dan usaha adalah jalan yang terbaik. Manusia hanya bisa berusaha, untuk hasil yang akan kita gapai adalah semua urusan Allah SWT. Jangan lupa berdoa untuk Kesuksesan kita semua dan jangan lupa juga yang terpenting adalah shalat sebagai tali Penyambung kita dan sang khaliq.


Demikian artikel untuk artikel kali ini yang saya terbitkan khusus untuk mengikuti lomba blog di STTQ Bungah, Semoga saja blog dan artikel ini bisa menjadi yang terbaik.. Amiiin..

^_^
Read More >>
Pro Duck Akhir Putih Abu-Abu, Awal Hidup Baru By Pro Duck Published: 2013-03-13T15:36:00+07:00 Akhir Putih Abu-Abu, Awal Hidup Baru 4.5 758 reviews

Tips Membuat Presentasi PowerPoint Dengan Baik dan Benar

PowerPoint adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah presentasi, sangat banyak pilihan menu yang disuguhkan, dan sangat banyak pula animasi, gambar, evek suara dan lain sebagainya didalamnya. Tapi taukan sobat jika sebenarnya membuat presentasi yang baik dan benar itu tidak harus banyak animasi, tidak banyak gambar, dan lain sebagainya.

Kebanyakan pemula mungkin sering tergiur dengan banyaknya animasi yang bagus-bagus dan sangat banyak sekali, tanpa memperhatikan hal yang sebenarnya penting dalam sebuah presentasi, tapi itulah manusia selalu ingin lebih dan lebih lagi. kali ini saya akan membagikan tips bagaiaman cara membuat sebuah presentasi yang baik dan benar dengan memperhatikan seluruh aspek dan pandangan seorang presentator dengan seorang audiens dalam sebuah iven tertentu. saya juga menyertakan file ppt contoh yang bisa sobat download dibawah, dan untuk hasil yang maksimal dari contoh tersebut gunakan powerpoint versi 2013 karena saya mengeditnya dengan ppt 2013.

1. Sedikit Animasi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, sebenarnya animasi hanya sebagai selipan keindahan dalam sebuah presentasi dan tidak dijadikan dominan dalam sebuah presentasi tersebut. misalkan sobat sedang membuat presentasi untuk sebuah acara tertentu, kemudian ketika sobat sedang membuka slide ternyata animasi yang sobat berikan berlebihan dan waktu animasi tersebut terlalu lama, maka audiens yang melihatpun akan merasa bosan karena menunggu munculnya satu kalimat saja butuh waktu yang cukup banyak. Usahakan animasi yang diberikan mempunyai durasi waktu yang singkat saja, atau kalau perlu gunakan animasi yang langsung muncul secara flash tanpa putar-putar atau balik-balik dan lain sebagainya. Mungkin kalau dalam PowerPoint sobat bisa gunakan animasi seperti Split, Spiran In, Zoom, mungkin kurang menarik tapi itu sudah cukup untuk hiasan sebuah presentasi. contoh animasi yang harus dihindari misalkan Credits, Swivel, Flip, dan beberapa lagi yang mempunyai durasi cukup panjang.

2. Kontras Warna

Hal ini sangat penting sekali karena seringkali kita kurang memperhatikan hal ini sehingga ada gambar yang warna kontrasnya mirip dengan tulisan sehingga tulisan sangat sukar sekali untuk dibaca, pastinya akan sangat menyebalkan bagi audiens jika harus membutuhkan usaha lebih untuk membaca sebuah kata atau kalimat saja karena warnanya mirip dengan background yang ada dalam presentasi tersebut, sebenarnya jika sobat mengikuti template yang ada di powerpoint sobat tidak perlu memperhatikan kontras karena dalam powerpoint sudah diset supaya tidak ada warna teks yang mirip atau sama dengan backgroundnya. yang saya maksud harus memperhatikan kontras biasanya ada sebagian orang yang membuat sebuah presentasi dengan background pemandangan, atau sebuah foto. sebenarnya boleh-boleh saja, dan saran dari saya jika menggunakan background pemandangan atau sebuah foto, beri sebuah kotak pada tulisan supaya tidak kelihatan menyatu dengan background tapi menyatu dengan kotak tersebut, perhatikan gambar berikut :


perhatikan tulisan tersebut, jika sobat melihat yang atas maka sangat mudah untuk membacanya, tapi lihat yang bawah, kontras warna antara teks dengan bacground sangat menyatu sehingga sangat sukar untuk dibaca.

3. Bentuk Lembar Slide

Sebenarnya hal ini tidak perlu dihawatirkan jika sobat menggunakan powerpoint dengan versi 2010 kebawah, karena ukuran default slidenya sejak awal sudah kotak. tapi jika sobat menggunakan powerpoint versi 2013 maka slide akan menyesuaikan dengan bentuk layar, jika bentuk layar sobat adalah persegi panjang, maka bentuk slide akan otomatis berbentuk persegi panjang, padahal ketika ada sebuah presentasi sebuah proyektor itu kebanyakan berbentuk kotak atau persegi, dan sangat jarang yang berbentuk persegi panjang, bahkan mungkin tidak ada karena saya belum pernah melihatnya. untuk cara mengubah kertas atau slide pada powerpoint silahkan klik disini.

4. Tema Slide

Untuk tema setiap slide tidak harus berbeda-beda, bisa sama semua juga boleh, tapi saran saya jika presentasi menggunakan banyak slide jangan hanya menggunakan satu tema saja, tapi buatlah menarik dengan menggunakan beberapa tema. mungkin sobat bisa menggunakan satu tema dalam setiap bab atau subjudul jadi tidak terlalu membosankan, tapi jangan terlalu berlebihan dengan menggunakan tema yang berbeda pada setiap slide, itu malah akan terasa membingungkan bagi saya, jadi intinya kreasi seni sangat dibutuhkan dalam pembuatan presentasi. untuk cara mengganti tema berbeda pada tiap slide silahkan klik disini

5. Gambar

Penempatan gambar dalam sebuah presentasi juga harus sangat diperhatikan, jangan sampai ada sebuah gambar yang menutupi gambar lain, atau jika terpaksa harus ada gambar yang menutupi gambar lain usahakan agar gambar yang dirasa penting taruh pada bagian paling atas menutupi gambar yang kurang penting. Kalo misalkan dibutuhkan satu gambar dalam satu halaman penuh maka beri gambar tersebut sebuah animasi atau penjelasan supaya tidak seperti gambar background.

6. Penutup dan Pembuka Presentasi

Hal ini juga cukup penting, jika sebuah presentasi bersifat normal maka halaman awal sebaiknya diisi dengan salam dan judul, tapi jika presentasi bersifat nonformal sobat bisa berkreasi dengan dua halaman tersebut, misalkan seperti punya saya yang saya sertakan dibawah untuk didownload. saya memberikan sentuhan efek credits seperti ketika akhir dari sebuah film.

Sekian saja yang dapat saya sampaikan, artikel ini saya buat karena masih sangat banyak sekali temen-temen yang hanya asal-asalan dalam membuat presentasi. semoga artikel diatas bermanfaat dan selamat membuat presentasi..

Download :

Keyword :
Read More >>
Pro Duck Tips Membuat Presentasi PowerPoint Dengan Baik dan Benar By Pro Duck Published: 2013-03-12T14:25:00+07:00 Tips Membuat Presentasi PowerPoint Dengan Baik dan Benar 4.5 758 reviews

Cara Mengubah Icon Cursor di Blog

Hai sobat, semakin hari saya semakin jarang sekali untuk update blog, mungkin karena malas dan banyak pekerjaan, padahal saya sendiri pernah membuat posting tentang bagaimana cara menjadi blogger sukses dan salah satu tips saya adalah tidak boleh malas update atau konsisten dengan blog sendiri.

Tapi tak apalah yang penting sekarang saya sudah update lagi dan kali ini saya mau membahas tentang blogger dan cara mengganti cursor di dalamnya. Mungkin sebagian sobat lebih suka dengan cursor default bawaan windows, tapi ada sebagian orang yang mungkin lebih suka dengan cursor modif sendiri atau pokoknya yang berbeda dengan blog lainnya, supaya keliatan keren mungkin, tenang saja, caranya sangat-sangat mudah, asalkan sobat sudah menguasai sedikit teknik edit HTML dalam blog.

Berikut adalah cara mengubah cursor pada blog 

-  sobat masuk dulu ke blogspot sobat
-  kemudian sobat masuk ke Template -> Edit HTML
-  centang pada Expand Template Widget
-  kemudian cari kode </Head>
-  copy kode berikut tepat diatas kode </Head>

<!--Cursor by pro-duck.blogspot.com-->
<style type='text/css'>HTML,BODY{cursor:url(&quot;http://2.bp.blogspot.com/-vd4_aMJ2AQc/UT66NcoZjyI/AAAAAAAACls/fcKKYWd6jYw/s1600/Pointer1.gif&quot;), auto;}</style>
<!--Cursor by pro-duck.blogspot.com-->


-  sobat bisa mengganti url yang berwarna merah dengan url cursor yang sobat miliki, atau bisa memilih salah satu dari beberapa cursor yang saya sertakan dibawah.
-  kemudian sobat tinggal tekan Save dan selesai

Berikut adalah beberapa cursor yang mungkin ada yang berminat menggunakan salah satunya :

http://3.bp.blogspot.com/-NF0juL3naR4/UT67ZMaGLJI/AAAAAAAACmA/qhcU5P62PgM/s1600/Pointer2.gif
http://2.bp.blogspot.com/-Wsct0faCKFc/UT67ZfItF9I/AAAAAAAACmE/JPpaVXByddw/s1600/pointer10.gif
http://2.bp.blogspot.com/-QyTNg-fITyg/UT67ZRgNjRI/AAAAAAAACmI/VIhbyEIaQ1A/s1600/Pointer3.gif
http://4.bp.blogspot.com/-9vqGip-jTmk/UT67Z-FFTrI/AAAAAAAACmU/qrkovBFqgJ8/s1600/pointer11.gif
http://1.bp.blogspot.com/-m2DnvRmrNOQ/UT67aLK63CI/AAAAAAAACmc/tZzUW4YAmJ4/s1600/pointer12.gif
http://1.bp.blogspot.com/-lzlMrWxAIFo/UT67aP6mYkI/AAAAAAAACmg/BU6A907esng/s1600/pointer13.gif
http://3.bp.blogspot.com/-bLy6qJiqhj4/UT67aqHmePI/AAAAAAAACmk/4rx7nLmGHaE/s1600/pointer14.gif
http://4.bp.blogspot.com/-NeGkdJBpXMY/UT67a59ITwI/AAAAAAAACms/PenVJMvpUDk/s1600/pointer15.gif
http://2.bp.blogspot.com/-j1qBH0Rx1wU/UT67bWPVzSI/AAAAAAAACmw/-cVqpSOAr-0/s1600/pointer5.gif
http://3.bp.blogspot.com/-9ArWa-sgyGo/UT67bPHTxEI/AAAAAAAACm0/NgafTdYFtd4/s1600/pointer4.gif
http://2.bp.blogspot.com/-IRA96JuLO7M/UT67b08lWXI/AAAAAAAACnA/nLkBJ5cIT90/s1600/pointer7.gif
http://1.bp.blogspot.com/-UpAR3jJkRXY/UT67b1LttfI/AAAAAAAACnE/M662XomSHy0/s1600/pointer6.gif
http://3.bp.blogspot.com/-crKGfFr_x9Y/UT67cOUu4tI/AAAAAAAACnI/D7XDg1898RM/s1600/pointer8.gif
http://1.bp.blogspot.com/-5vPUhUZJH9M/UT67coMloXI/AAAAAAAACnU/DfaTGzPVgHw/s1600/pointer9.gif
http://3.bp.blogspot.com/-vd4_aMJ2AQc/UT66NcoZjyI/AAAAAAAAClw/fVfs0w-JM7M/s1600/Pointer1.gif

Sekian saja yang dapat saya sampaikan kurang dan lebihnya saya mohon maaf, semoga artikel diatas bermanfaat, dan terima kasih telah berkunjung,.      ^_^

Keyword :
mengganti cursor pada blog
cara mengganti pointer pada blog menjadi lebih indah
mengubah cursor pada blog di blogspot
Read More >>
Pro Duck Cara Mengubah Icon Cursor di Blog By Pro Duck Published: 2013-03-12T12:32:00+07:00 Cara Mengubah Icon Cursor di Blog 4.5 758 reviews

Auto Like Facebook 2013 Work 100% (No Spam)

Hai sobat, siang ini saya update post lagi, kali ini saya akan membahas tentang auto like yang lagi booming di facebook, tapi kebanyakan hanya sebagai sepam dan sama sekali bukan auto like.

Kali ini saya akan menjelaskan cara untuk menggunakan auto like dengan baik dan benar supaya status kita bisa terlihat banyak yang like, bisa sampai ratusan.

Mungkin ada yang sedikit tidak percaya karena trauma dengan auto like yang hanya nyepam di grup-grup yang kita ikuti,tapi tenang aja, yang ini tidak akan ada sepam sama sekali, yang ada hanya like banyak dari banyak orang. Dibawah ini adalah screenshot dari status saya yang di auto like :


Gimana, tertarik?, karena waktu membuat status itu kurang tepat makannya yang memberikan jempolnya hanya sebatas itu, akan tetapi jika sudah tepat waktunya biasanya hingga tembus angka 500-700 jempol yang nangkring di status sobat. Saya sendiri kurang tau kapan waktu yang tepat itu, pokoknya waktu-waktu yang sedang banyak orang lagi online di facebook.

Berikut adalah syarat yang harus sobat penuhi terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan auto like.

1.  Umur sobat harus diatas 18 tahun
2.  sobat harus membuat status dengan privasi public
3.  sobat harus mengaktifkan dulu subsribe facebook disini
4.  buat status bisa berupa teks atau gambar

Selanjutnya jika semua sudah terpenuhi maka silahkan lakukan langkah berikut ini :

-  Buat dulu status dengan privasi public


-  kemudian masuk kesini (Likelo.com)
-  dapatkan akses token dari facebook sobat dengan cara klik disini
-  copy token yang ada di addres broser sobat
-  kemudian paste pada kotak yang disediakan dalam likelo


-  lalu klik submit dan tunggu hingga status sobat muncul dalam halaman likelo
-  pilih salah satu status yang akan di auto like
-  kemudian klik submit pada status tersebut


-  jika tidak ada eror maka status sobat akan otomatis dibanjiri like oleh banyak orang hanya dengan waktu kurang dari 1 menit
-  sobat tidak bisa melakukan hal tersebut dua kali dalam satu status yang sama, jika ingin menggunakan likelo lagi, maka buat status baru lagi untuk di likelo
-  jika ada pesan eror berarti sobat kurang dalam melengkapi syarat diatas

Tambahan :

  • Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan likelo ini karena akun sobat bisa diblokir oleh pihak facebook
  • jangan pernah menyebarkan token facebook ke pihak yang tidak terpercaya karena token itu berisi akses ke facebook sobat yang meliputi email dan pasword sobat.
  • jangan lupa berdoa supaya banyak yang like status sobat tadi
sekian saja yang dapat saya sampaikan untuk hari ini, jika cara diatas sudah tidak work lagi tolong beri tau saya dengan mengisi komentar dibawah. Semoga artikel diatas bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung..
^_^

Keyword :
Read More >>
Pro Duck Auto Like Facebook 2013 Work 100% (No Spam) By Pro Duck Published: 2013-03-11T06:29:00+07:00 Auto Like Facebook 2013 Work 100% (No Spam) 4.5 758 reviews