Tips Membuat Presentasi PowerPoint Dengan Baik dan Benar

PowerPoint adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah presentasi, sangat banyak pilihan menu yang disuguhkan, dan sangat banyak pula animasi, gambar, evek suara dan lain sebagainya didalamnya. Tapi taukan sobat jika sebenarnya membuat presentasi yang baik dan benar itu tidak harus banyak animasi, tidak banyak gambar, dan lain sebagainya.

Kebanyakan pemula mungkin sering tergiur dengan banyaknya animasi yang bagus-bagus dan sangat banyak sekali, tanpa memperhatikan hal yang sebenarnya penting dalam sebuah presentasi, tapi itulah manusia selalu ingin lebih dan lebih lagi. kali ini saya akan membagikan tips bagaiaman cara membuat sebuah presentasi yang baik dan benar dengan memperhatikan seluruh aspek dan pandangan seorang presentator dengan seorang audiens dalam sebuah iven tertentu. saya juga menyertakan file ppt contoh yang bisa sobat download dibawah, dan untuk hasil yang maksimal dari contoh tersebut gunakan powerpoint versi 2013 karena saya mengeditnya dengan ppt 2013.

1. Sedikit Animasi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, sebenarnya animasi hanya sebagai selipan keindahan dalam sebuah presentasi dan tidak dijadikan dominan dalam sebuah presentasi tersebut. misalkan sobat sedang membuat presentasi untuk sebuah acara tertentu, kemudian ketika sobat sedang membuka slide ternyata animasi yang sobat berikan berlebihan dan waktu animasi tersebut terlalu lama, maka audiens yang melihatpun akan merasa bosan karena menunggu munculnya satu kalimat saja butuh waktu yang cukup banyak. Usahakan animasi yang diberikan mempunyai durasi waktu yang singkat saja, atau kalau perlu gunakan animasi yang langsung muncul secara flash tanpa putar-putar atau balik-balik dan lain sebagainya. Mungkin kalau dalam PowerPoint sobat bisa gunakan animasi seperti Split, Spiran In, Zoom, mungkin kurang menarik tapi itu sudah cukup untuk hiasan sebuah presentasi. contoh animasi yang harus dihindari misalkan Credits, Swivel, Flip, dan beberapa lagi yang mempunyai durasi cukup panjang.

2. Kontras Warna

Hal ini sangat penting sekali karena seringkali kita kurang memperhatikan hal ini sehingga ada gambar yang warna kontrasnya mirip dengan tulisan sehingga tulisan sangat sukar sekali untuk dibaca, pastinya akan sangat menyebalkan bagi audiens jika harus membutuhkan usaha lebih untuk membaca sebuah kata atau kalimat saja karena warnanya mirip dengan background yang ada dalam presentasi tersebut, sebenarnya jika sobat mengikuti template yang ada di powerpoint sobat tidak perlu memperhatikan kontras karena dalam powerpoint sudah diset supaya tidak ada warna teks yang mirip atau sama dengan backgroundnya. yang saya maksud harus memperhatikan kontras biasanya ada sebagian orang yang membuat sebuah presentasi dengan background pemandangan, atau sebuah foto. sebenarnya boleh-boleh saja, dan saran dari saya jika menggunakan background pemandangan atau sebuah foto, beri sebuah kotak pada tulisan supaya tidak kelihatan menyatu dengan background tapi menyatu dengan kotak tersebut, perhatikan gambar berikut :


perhatikan tulisan tersebut, jika sobat melihat yang atas maka sangat mudah untuk membacanya, tapi lihat yang bawah, kontras warna antara teks dengan bacground sangat menyatu sehingga sangat sukar untuk dibaca.

3. Bentuk Lembar Slide

Sebenarnya hal ini tidak perlu dihawatirkan jika sobat menggunakan powerpoint dengan versi 2010 kebawah, karena ukuran default slidenya sejak awal sudah kotak. tapi jika sobat menggunakan powerpoint versi 2013 maka slide akan menyesuaikan dengan bentuk layar, jika bentuk layar sobat adalah persegi panjang, maka bentuk slide akan otomatis berbentuk persegi panjang, padahal ketika ada sebuah presentasi sebuah proyektor itu kebanyakan berbentuk kotak atau persegi, dan sangat jarang yang berbentuk persegi panjang, bahkan mungkin tidak ada karena saya belum pernah melihatnya. untuk cara mengubah kertas atau slide pada powerpoint silahkan klik disini.

4. Tema Slide

Untuk tema setiap slide tidak harus berbeda-beda, bisa sama semua juga boleh, tapi saran saya jika presentasi menggunakan banyak slide jangan hanya menggunakan satu tema saja, tapi buatlah menarik dengan menggunakan beberapa tema. mungkin sobat bisa menggunakan satu tema dalam setiap bab atau subjudul jadi tidak terlalu membosankan, tapi jangan terlalu berlebihan dengan menggunakan tema yang berbeda pada setiap slide, itu malah akan terasa membingungkan bagi saya, jadi intinya kreasi seni sangat dibutuhkan dalam pembuatan presentasi. untuk cara mengganti tema berbeda pada tiap slide silahkan klik disini

5. Gambar

Penempatan gambar dalam sebuah presentasi juga harus sangat diperhatikan, jangan sampai ada sebuah gambar yang menutupi gambar lain, atau jika terpaksa harus ada gambar yang menutupi gambar lain usahakan agar gambar yang dirasa penting taruh pada bagian paling atas menutupi gambar yang kurang penting. Kalo misalkan dibutuhkan satu gambar dalam satu halaman penuh maka beri gambar tersebut sebuah animasi atau penjelasan supaya tidak seperti gambar background.

6. Penutup dan Pembuka Presentasi

Hal ini juga cukup penting, jika sebuah presentasi bersifat normal maka halaman awal sebaiknya diisi dengan salam dan judul, tapi jika presentasi bersifat nonformal sobat bisa berkreasi dengan dua halaman tersebut, misalkan seperti punya saya yang saya sertakan dibawah untuk didownload. saya memberikan sentuhan efek credits seperti ketika akhir dari sebuah film.

Sekian saja yang dapat saya sampaikan, artikel ini saya buat karena masih sangat banyak sekali temen-temen yang hanya asal-asalan dalam membuat presentasi. semoga artikel diatas bermanfaat dan selamat membuat presentasi..

Download :

Keyword :
Pro Duck Tips Membuat Presentasi PowerPoint Dengan Baik dan Benar By Pro Duck Published: 2013-03-12T14:25:00+07:00 Tips Membuat Presentasi PowerPoint Dengan Baik dan Benar 4.5 758 reviews

Belum Ada Komentar

Post a Comment