Akhir Putih Abu-Abu, Awal Hidup Baru


Katanya masa putih abu-abu adalah masa yang paling indah, tapi semua itu tergantung dari siapa yang menjalani, bagi siswa/siswi yang kreatif, serius, ambisius, dan penuh cita-cita, masa putih abu-abu adalah masa yang paling sempurna untuk menuntut ilmu dengan giat.

Banyak sekali orientasi seseorang tentang masa putih abu-abu yang indah. ada sebagian orang yang mengartikan bahwa indahnya masa putih abu-abu itu terletak pada jiwa muda yang membara, yang berapi-api penuh dengan semangat, ada juga sebagian orang yang berpendapat bahwa masa itu sangat indah karena pada masa itulah seorang remaja sedang gencar-gencarnya mengibarkan laskar cinta dalam dirinya, seperti yang dikemukakan oleh penyanyi 90-an Chrisye dalam lagunya yang berjudul Kisah Kasih di Sekolah.

Sebenarnya sebagai seorang siswa/siswi dalam masa putih abu-abu harusnya pandai-pandai memanfaatkan waktu mereka sebaik mungkin, karena pada masa itulah seorang siswa/i akan sangat mampu dan cepat dalam memahami segala sesuatu. ibaratkan benda, masa remaja adalah emas murni yang sangat berharga, jika kita mengelolahnya dengan benar dan baik maka kita pasti akan mendapatkan untung yang besar, akan tetapi jika kita salah dalam mengolahnya, penyesalan adalah hal yang pasti datang di kemudian hari.

Semua yang berawal pasti berakhir, begitupun masa kita di SMA (masa putih abu-abu) pasti akan berakhir yang ditandai dengan kelulusan bagi siswa kelas XII. Alangkah senangnya kita bisa lulus dari SMA, terutama yang mendapatkan nilai yang terbaik, pasti orang tua mereka sangat bangga sekali dengan mereka, siapa yang tidak berharap mendapatkan nilai baik, semuanya pasti menginginkannya, makanya belajar hal terbaik yang harus kita lakukan untuk mencapai sebuah nilai yang sempurna.


Setelah kita lulus, timbullah suatu masalah baru lagi, yaitu kemana langkah kita selanjutnya?, apakah cukup sebatas itu?, ataukah melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi?, banyak sekali yang harus kita pertimbangkan untuk hal itu, tapi Alhamdulillah kebanyakan siswa/i SMA dan MA masih peduli dengan pendidikannya dan mau meneruskan sekolahnya hingga setinggi angan-angan mereka. Tapi entah dengan siswa/i SMK yang memang dipersiapkan untuk langsung terjun di dunia kerja, mungkin hanya sebagian kecil dari mereka yang melanjutkan jenjang pendidikannya lebih tinggi lagi.

Bagi mereka yang meneruskan kuliah pastinya juga masih berpikir lagi, kemanakan saya akan kuliah?, jurusan apa?, dan bagaimana saya bisa masuk kesana?. Pikiran itu masih terus menghantui sebagian siswa/i yang melanjutkan kuliah. Sebenarnya kuliah atau sekolah dimana saja sama, yang membedakan adalah keseriusan kita untuk menjadi seorang Jawara pada sekolah atau PT yang kita tuju. Banyak sekali PTS ataupun PTN yang ada di Indonesia ini, salah satunya berada di Gresik, tepatnya desa Bungah yang sangat terkenal dengan peci dan rebananya, yaitu PTS STTQ (Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin) yang berada pada naungan Pondok Pesantren Qomaruddin, biasanya jam kuliah disana adalah sore-malam hari dengan ciri khas memakai jas berwarna ungu yang terlihat sangat cooooollll…


Gambar gedung diatas hanyalah satu dari ribuan gedung perkuliahan yang ada di Indonesia ini. Saya sendiri sangat bingung untuk memilih tempat tujuan belajar saya selanjutnya, belum lulus saja sudah disuguhkan dengan 61 PTN pada program SNMPTN, belum lagi kita memikirkan saingan kita adalah siswa/i yang hebat-hebat dari seluruh Indonesia, sekali lagi belajar adalah hal terbaik yang harus kita lakukan.

Mereka yang tidak melanjutkan kuiah juga pasti akan sangat kebingungan dengan mencari pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan bidang mereka masing-masing, mungkin ada yang bekerja mandiri dengan berwirausaha, atau melanjutkan pekerjaan orang tua, dan yang paling banyak adalah melanjutkan ke UMS (Usaha di Mie Sedap), xixixixi :p

Apapun pilihan kita, semangat harus tetap kita kobarkan, cita-cita harus terus kita gapai, dan usaha adalah jalan yang terbaik. Manusia hanya bisa berusaha, untuk hasil yang akan kita gapai adalah semua urusan Allah SWT. Jangan lupa berdoa untuk Kesuksesan kita semua dan jangan lupa juga yang terpenting adalah shalat sebagai tali Penyambung kita dan sang khaliq.


Demikian artikel untuk artikel kali ini yang saya terbitkan khusus untuk mengikuti lomba blog di STTQ Bungah, Semoga saja blog dan artikel ini bisa menjadi yang terbaik.. Amiiin..

^_^
Pro Duck Akhir Putih Abu-Abu, Awal Hidup Baru By Pro Duck Published: 2013-03-13T15:36:00+07:00 Akhir Putih Abu-Abu, Awal Hidup Baru 4.5 758 reviews

ads