Tips Agar Start Menu Windows 8 Terlihat Lebih Rapi dan Menyenangkan Untuk Dilihat

Secara default start menu windows 8 ketika baru pertama kali menginstall akan terlihat rapi dan indah, akan tetapi seiring dengan bertambahnya aplikasi yang kita install maka lama kelamaan start menu akan menjadi seperti sampah icon yang tidak terurus jika kita tidak memanagernya dengan baik.

Mungkin ada yang bertanya untuk apa post ini saya buat?, saya melihat banyak teman saya sendiri yang menggunakan windows 8 kebanyakan tidak pernah memanager start menu miliknya, entah karena tidak bisa atau tidak tau caranya dan itu kelihatan sangat mengganggu, apalagi ketika kita sedang mencari program dalam start menu tersebut pastinya akan kesulitan sekali.

Mungkin jika sobat juga pengguna windows 8 yang mengalami hal serupa dengan start menunya yang menjadi seperti ‘sampah’ mungkin bisa mengikuti tips saya berikut ini :

1.  Buang shorcut yang tidak berguna dari start menu

Ada beberapa aplikasi yang punya banyak sekali shorcut. ketika sobat menginstall aplikasi seperti ini maka akan banyak sekali shortcut yang tidak berguna masuk pada start menu, dan itu perlu dihilangkan. caranya cari dulu shortcut dari aplikasi tersebut yang dirasa tidak berguna yang perlu dibuang, kemudian klik kanan pada icon shorcut tersebut dan pada bagian bawah pilih Unpin from Start.

trus jika dihilangkan apa tidak pengaruh pada kinerja aplikasi?, tentu saja tidak karena kita hanya menghapus shorcutnya saja dan bukan aplikasi aslinya.

jika salah dalam menghapus shortcut bagaimana cara balikinnya?, tenang saja caranya cukup mudah, cari aplikasi tadi di Program Files, kemudian klik kanan pada icon aplikasi yang akan ditampilkan di start menu, pilih Pin to Start, dan shorcutpun ‘nangkring’ di start menu.

2.  Buatlah batas pemisah shorcut

Bayangkan jika banyak sekali aplikasi dan program yang terinstall di pc kita dan shorcutnya memenuhi start menu, tapi karena tidak ada batas pemisah yang kita buat maka akan tampak sangat monoton dan hanya memanjang seperti melihat ‘kereta api’. coba bandingkan screenshot dibawah yang saya tata tanpa dan dengan batas pemisah :

Start Menu tanpa batas pemisah

Start Menu tanpa dengan pemisah

Kalo saya sendiri melihat lebih suka yang ada pembatasnya dibandingkan yang hanya lurus tanpa pembatas. Untuk membuat pembatas seperti itu caranya cukup geser saja icon ke bagian paling kanan sampai muncul bayangan garis pembatasnya kemudian lepaskan.

3.  Kelompokan icon sesuai dengan kegunaan aplikasi

Hal ini akan sangat mempermudah bagi kita untuk mencari sebuah aplikasi pada lain hari. sobat lihat saja screenshot diatas, dari yang paling kanan ada kelompok game, kemudian kelompok multimedia yang jarang diklik, disampingnya lagi adalah kelompok program yang meminta akses internet untuk menjalankannya, dan seterusnya. Jadi ketika saya mencari aplikasi IDM misalkan, maka saya tinggal rolling ke kelompok aplikasi internet, dan saya akan dengan mudah menemukannya. disini juga dibutuhkan baris pemisah seperti pada tips nomor 2 diatas.

Bayangkan saja jika aplikasinya sangat banyak dan kita sama sekali tidak mengelompokan atau memberi pembatas maka yang terjadi adalah ketika kita membutuhkan sebuah program dengan cepat, maka sedikit lama untuk mencarinya karena harus menelusuri satu persatu dari depan.

4.  Penempatan aplikasi pada start menu

Kalau punya saya pribadi, saya menempatkan aplikasi berbasis UI pada bagian depan sendiri, alasan saya karena meskipun aplikasi seperti itu jarang terpakai, tapi ada unsur keindahan seperti Live Tile (bergerak) dan bisa dibuat icon large atau small sehingga akan tampak sangat rapi dan unik.

Untuk aplikasi dekstop sendiri saya juga mengelompokkan sesuai dengan katagori, dan setiap katagori saya pilih lagi mayoritas dalam katagori apa aplikasi yang sering saya gunakan, dan itulah yang saya taruh pada bagian paling depan setelah aplikasi UI.

Tapi semua penempatan tergantung kebiasaan saja. misalkan untuk kelompok game saya taruh pada bagian akhir karena biasanya saya menggunakan game pada saat ‘galau’ saja, sehingga untuk mencari game akan sangat mudah hanya dengan rolling sampai mentok ke belakang (meskipun banyak rolling) tanpa harus melihat icon yang lain.

5.  Beri judul pada masing-masing grup

Untuk yang satu ini terserah sobat, karena menurut saya bahkan lebih indah tanpa judul, tapi banyak teman saya yang suka memberi judul pada masing-masing grup pada start menu.

Berikut ini adalah screenshot full dari start menu saya dalam bentuk telah di minimize, mungkin sobat bisa meniru gaya yang seperti ini :

Start Menu saya

Mungkin cukup itu saja tips dari saya, mungkin ada yang menambahkan atau kurang jelas silahkan isi saja komentar dibawah. semoga artikel diatas bermanfaat, dan terima kasih sudah berkunjung.      ^_^

Keyword :
tips mempercantik start menu
tips mengatur start menu dengan rapi
cara agar start menu terlihat lebih rapi dan indah
Pro Duck Tips Agar Start Menu Windows 8 Terlihat Lebih Rapi dan Menyenangkan Untuk Dilihat By Pro Duck Published: 2013-04-29T11:48:00+07:00 Tips Agar Start Menu Windows 8 Terlihat Lebih Rapi dan Menyenangkan Untuk Dilihat 4.5 758 reviews

1 Komentar:

Anonymous said...

Pergantian Nama Merek Ambeclear De Nature ? Segera Hubungi Kami Dan Pesan Obatnya Sekarang Juga di Fast Respond : 087705015423 PIN : 207C6F18.

Post a Comment

ads